Manajemen Rantai Pasok (SCM)

/Manajemen Rantai Pasok (SCM)
Manajemen Rantai Pasok (SCM)2018-09-19T20:50:36+07:00
Bidang Studi
Manajemen Industri
Manajemen Proyek
Manajemen Teknologi Informasi
Manajemen Bisnis Maritim
Manajemen Rantai Pasok
Analitika Bisnis

MMT Bidang Keahlian Supply Chain Management (SCM)

 Latar Belakang

Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management – SCM) dewasa ini menjadi bidang yang sangat penting dalam dunia bisnis karena fungsi supply chain ini terkait langsung dengan daya saing perusahaan. Dalam dua dekade terakhir kesadaran akan pentingnya SCM di berbagai perusahaan semakin terlihat. Indikasinya adalah banyak perusahaan yang memunculkan posisi baru seperti Supply Chain Analyst, Supply Chain Manager, Supply Chain Director atau nama jabatan lain seperti Logistics Manager, Distribution Manager, dll. Dengan perkembangan dunia digital dewasa ini, praktek Supply Chain Management juga banyak berubah. Perusahaan yang ingin menang dalam persaingan harus menyiapkan tenaga professional yang mampu memahami bagaimana mengelola supply chain di era digital dewasa ini.

Di sisi lain, pendidikan tinggi di Indonesia yang menyiapkan tenaga professional pada bidang SCM terutama untuk posisi manajerial masih kurang. Di sisi lain ITS memiliki cukup banyak sumber daya (dosen) yang menekuni bidang-bidang terkait dengan SCM yang tersebar di beberapa departemen dan sebagian diantaranya memiliki reputasi tinggi baik di tingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu Departemen Manajemen Teknologi bermaksud untuk membuka bidang keahlian Supply Chain Management.

Learning Outcome

  • Lulusan memiliki pengetahuan yang memadai dan terampil dalam mengelola aliran barang, aliran informasi, dan aliran uang antar organisasi dalam suatu rantai pasokan, baik untuk rantai pasokan konvensional maupun yang digital

 Rancangan Kurikulum

Rancangan kurikulum ini berbasis pada body of knowledge dari Supply Chain Management serta benchmark ke beberapa perguruan tinggi luar negeri yang menawarkan program yang sama atau sejenis. Di samping itu, karena program ini adalah merupakan bidang keahlian dari Magister Manajemen Teknologi maka sebagian dari mata kuliahnya mengikuti struktur dasar dari kurikulum MMT. Seperti ditunjukkan oleh gambar di bawah,  struktur kurikulum bidang keahlian Supply Chain Management ini terbagi dalam lima grup mata kuliah, yaitu kuliah fondasi yang memberikan pengetahuan mengenai alat analisis kuantitatif, mata kuliah yang mewakili manajemen fungsional, mata kuliah yang memberikan pengetahuan mengenai bidang manajemen khusus terutaa yang berbasis teknologi, dan mata kuliah yang merupakan inti dari keahlian SCM.

STRUKTUR KURIKULUM

Struktur kurikulum dengan informasi SKS dan posisi semesternya disajikan pada tabel berikut.

Nama MK Semester 1 SKS Nama MK Semester 3 SKS
Statistika Bisnis 2 Manajemen Sumber Daya Manusia 2
Analisis dan Sistem Keputusan 2 Manajemen Proyek 2
Sistem dan Teknologi Informasi 2 Tesis – Metodologi 2
Manajemen Keuangan 2 MK Pilihan Bidang Keahlian (III) 3
TOTAL 8 TOTAL 9
Nama MK Semester 1 SKS
   
Nama MK Semester 2 SKS Nama MK Semester 4 SKS
Manajemen Teknologi dan Inovasi 2 MK Pilihan Bidang Keahlian (IV) 2
Manajemen Pemasaran 2 MK Pilihan Bidang Keahlian (V) 2
MK Pilihan Bidang Keahlian (I) 3 Tesis 6
MK Pilihan Bidang Keahlian (II) 2
TOTAL 9
   
    Nama MK Pilihan SKS
    Perencanaan dan Pengendalian Operasional 3
    Manajemen Transportasi dan Pergudangan 3
    Strategi Rantai Pasok 2
    Manajemen Pengadaan dan Pasokan 2
    Manajemen Rantai Pasok Ritel dan Digital 2
    TOTAL 12
     

Contact Info

Cokroaminoto 12 A, Surabaya

Phone: 031-5613922, 5666172

Fax: 031-5682887

Web: MMT - ITS

Recent Posts

Lokasi Kampus