Analitika Bisnis

/Analitika Bisnis
Analitika Bisnis2018-09-19T20:46:34+07:00
Bidang Studi
Manajemen Industri
Manajemen Proyek
Manajemen Teknologi Informasi
Manajemen Bisnis Maritim
Manajemen Rantai Pasok
Analitika Bisnis

Pendahuluan

Business Analytics adalah bidang yang sangat dibutuhkan dalam menjalankan bisnis dewasa ini. Bidang ini terkait dengan pengolahan data bisnis untuk mendukung pengambilan keputusan. Di era digitalisasi dewasa ini dimana transaksi bisnis bisa sangat masif maka volume dan variasi data menjadi sangat besar. Mereka yang mampu mengolah data ini dengan baik untuk membuat keputusan yang lebih tepat akan sukses dalam persaingan bisnis.

Di berbagai perguruan tinggi di luar negeri, bidang Business Analytics sudah mulai cukup banyak diajarkan. Di Indonesia bidang ini belum ada. Di sisi lain, ITS memiliki sejumlah pakar yang berkecimpung dalam pengolahan data, termasuk untuk data berukuran besar (big data). Para pakar ini tersebar di berbagai departemen, yaitu Statistika, Teknik Industri, Informatika, Sistem Informasi, dan Manajemen Bisnis.

Untuk menyambut kebutuhan yang tinggi tersebut, Program Studi Magister Manajemen Teknologi bermaksud untuk membuka bidang keahlian Analitika Bisnis (Business Analytics) dan diharapkan sudah bisa menerima mahasiswa pada semester genap 2018/2019.

Struktur Mata Kuliah

Seperti bidang keahlian lain di MMT, ada 8 mata kuliah yang sama yang harus diambil oleh mahasiswa walaupun mereka menempuh bidang keahlian yang berbeda. Selanjutnya, ada 12 sks mata kuliah yang memang difokuskan untuk bidang keahlian masing-masing. Di luar itu mahasiswa harus mengambil mata kuliah metodologi tesis dan tesis dengan total 8 sks. Untuk bidang keahlian Analitika Bisnis, struktur kurikulum yang ditawarkan bisa dilihat pada table di bawah.

Kuliah inti untuk bidang keahlian analitika bisnis mencakup Big Data Analytics, Predictive Analytics and Machine Learning, Advanced Spreadsheet, Simulation Modeling, dan Analytics Projects. Mereka yang mendalami kuliah-kuliah ini diharapkan memiliki kompetensi yang memadai untuk mengisi berbagai posisi di sektor industri maupun sektor publik.

STRUKTUR KURIKULUM

Struktur kurikulum dengan informasi SKS dan posisi semesternya disajikan pada tabel berikut.

Nama MK Semester 1 SKS Nama MK Semester 3 SKS
Statistika Bisnis 2 Manajemen Sumber Daya Manusia 2
Sistem dan Teknologi Informasi 2 Manajemen Proyek 2
Analisis dan Sistem Keputusan 2 Tesis – Metodologi 2
Manajemen Keuangan 2 MK Pilihan Bidang Keahlian (III) 3
TOTAL 8 TOTAL 9
   
Nama MK Semester 2 SKS Nama MK Semester 4 SKS
Manajemen Teknologi dan Inovasi 2 Mata Pilihan Bidang Keahlian (IV) 2
Manajemen Pemasaran 2 Mata Pilihan Bidang Keahlian (V) 2
MK Pilihan Bidang Keahlian (I) 3 Tesis 6
MK Pilihan Bidang Keahlian (II) 2 TOTAL 10
TOTAL 9
   
    Nama MK Pilihan SKS
    Big Data Analytics 3
    Predictive Analytics and Machine Learning 3
    Advanced Spreadsheet 2
    Simulation modeling 2
    Analytics projects 2

Contact Info

Cokroaminoto 12 A, Surabaya

Phone: 031-5613922, 5666172

Fax: 031-5682887

Web: MMT - ITS

Recent Posts

Lokasi Kampus